SD Sabbihisma Nanggalo Membuka PPDB

PADANG, HALUAN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022, Sekolah Dasar (SD) Sabbihisma Nanggalo Kota Padang menyediakan 84 bangku. Penerimaan peserta didik baru tersebut melalui tiga tahap.

Kepala Sekolah SD Sabbihisma, Azizah menyampaikan bahwa tahap
pertama sudah terlaksana pada 13 Januari 2021 dan berhasil menjadi calon peserta didik baru sebanyak 27 orang. Untuk tahap
kedua akan dilaksanakan pada 27 Februari.

“Untuk tahap ketiga pada 20 Maret nanti. Masing-masing tahap ini kita seleksi minimal 30 orang calon siswa. Dan itu sudah terlaksana pada tahap satu kemarin, yang berhasil lulus seleksi 27 orang dari 32
calon siswa,” ujar Azizah saat ditemui Haluan di SD Sabbihisma Nanggalo, Kamis (25/2).

Azizah mengungkapkan, untuk masuk dan menjadi siswa SD Sabbihisma minimal calon siswa harus bisa mengenal huruf. Selain itu, akan ada sistem tes wawancara dengan orang tua untuk menyamakan persepsi serta visi dalam mendidik anak yang dibawakan oleh SD Sabbihisma. Sekolah yang mempunyai motto sekolah langsung mengaji ini, terbuka untuk umum.

“Kita ada tes membaca, yaitu membaca iqra. Sistem tes untuk semua tahap itu sama, dan yang paling penting ada wawancara dengan orang tua. Karena kita butuh kontrol orang tua dalam mengajar siswa
kita disini. Kita harus saling kerja sama melihat perkembangan anak,” kata Azizah.

Lebih lanjut, pihaknya mempunyai sistem kartu kontrol yang harus dipelajari orang tua. Minimal sekali dalam sebulan orang tua harus hadir dalam melihat perkembangan anak melalui kartu kontrol. Ada kartu kontrol shalat, hafalan al-quran (TPQ), pelajaran umum, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

“Kalau bicara keadaan normal, kita punya banyak kegiatan yang dapat mengasah kemampuan dan keterampilan anak di luar akademik. Misalnya kita punya kegiatan didikan subuh setiap minggu, karate, pramuka, TPQ, dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu kita kontrol ini semua bersama orang tua, dimana letak kekurangan siswa agar bisa kita kembangkan lebih baik lagi,” tuturnya.

Untuk biaya pendaftaran di SD Sabbihisma Nanggalo tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Biaya sekolahnya juga tergolong murah yaitu Rp400 ribu per bulan. Selain itu, siswa tidak dikenakan biaya tambahan apapun. Azizah mengungkapkan tidak ada syarat tertentu karena masuk SD Sabbihisma terbuka untuk umum, dan yang terpenting lulus tahap seleksi. (h/mg-dar)

Sumber : Haluan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *